Membuat Layanan Email dengan Domain Sendiri

Bila Anda mempunyai sebuah komunitas terus ingin membagikan layanan email bagi membernya, Anda bisa memanfaatkan layanan email gratis dari Windows Live Admin Center dengan domain sendiri misalnya member@mydomain.com. Tentunya dengan membagikan layanan email tersebut, member akan aktif untuk berkunjung di web kita.


Langkah pertama adalah mengunjungi Windows Live Admin Center, kemudian klik Get started, dalam kasus ini saya mencontohkan menggunakan domain suram.us, dan pilih Set up Windows Live Hotmail for my domain.
Bila Anda sudah mempunyai Windows Live ID, maka Anda tinggal sign in, namun bila belum mempunyai Windows Live ID, Anda bisa register dengan menggunakan domain sendiri misalnya admin@suram.us, setelah itu klik continue dan I Accept.




Setelah itu, Anda harus mengkonfigurasi MX record dan CNAME, Anda login ke CPanel Anda, Kemudian pilih MX Entry, isi Priority dengan 10, Destinitation 2130953743.pamx1.hotmail.com mungkin destination milik Anda berbeda, sesuaikan dengan konfigurasi milik Anda. Disitu juga Anda settingan default dengan Priority 0 harap untuk di delete.


Sekarang tinggal edit CNAME Record, klik Simple DNS Zone Editor, isi dengan 2130953743 dan CNAME domains.live.com harap sesuaikan dengan konfigurasi Anda. Kemudian klik refresh.


Agar member bisa register email dengan domain sendiri, pada Open Membership klik Settings dan Turn open membership ON. sekarang Anda sudah mempunyai layanan email sendiri. Member bisa register dengan URL https://domains.live.com/members/sig...n=mydomain.com
DEMO : https://domains.live.com/members/sig...omain=suram.us

Sekarang Anda bisa membuat email dengan domain sendiri dengan limite user 500, namun jika Anda ingin lebih dari itu maka Anda harus kontak Admin Windows Live. Untuk login klik http://mail.live.com atau bisa diubah menjadi http://mail.mydomain.com

2 komentar: