"Google Perusahaan Pengumpul Data"

CALIFORNIA - Tak diragukan lagi, saat ini Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Posisi Google sebagai "raja" internet pun memancing opini dari salah satu perwakilan Microsoft.
Mantan anggota Federal Trade Commission (FTC) Pamela Jones Harbour yang saat ini bekerja sebagai pengacara untuk sebuah perusahaan yang juga mewakili Microsoft mengatakan, Microsoft memiliki perhatian terhadap Google sebagai pengumpul data.

"Ini (Google) merupakan mesin pencari dari 80 persen seluruh pencarian web di Amerika Serikat (AS) dan 98 persen pencarian dari perangkat mobile. Dalam perannya, Google tidak hanya sebuah kata kerja eponim tapi mungkin merupakan saluran informasi paling terpusat di dalam negara, bahkan di planet ini," kata Harbour, seperti dilansir dari Softpedia, Rabu (26/12/2012).
Microsoft telah memulai perang "personal" dengan Google untuk mempromosikan mesin pencari Bing besutannya. Microsoft berusaha membuka taktik tidak sehat yang dilakukan oleh perusahaan yang berbasis di Mountain View, California, AS tersebut.
Menurut Harbour, jika Google terus mengumpulkan banya data maka akan memberikan konsekuensi serius bagi privasi dan pilihan konsumen. "Google bukan hanya sebuah 'perusahaan mesin pencari', atau 'perusahaan layanan online', atau penerbit, atau platform iklan. Intinya Google merupakan perusahaan pengumpul data," pungkas Harbour.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar